12/29 2016

Daihatsu Terios

Asal sobat ketahui, mobil Daihatsu Terios pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 2006 kemudian langsung dipasarkan di Eropa dan Indonesia pada tahun yang sama. Mobil ini langsung diminati masyarakat Indonesia karena menawarkan kabin yang luas dan dibuat secara khusus untuk menampung 7 penumpang. Berbeda dengan Toyota Rush yang sejatinya dibuat untuk 5 penumpang dan disediakan jok tambahan yang bersifat optional atau bisa dilepas sesuai selera.

Penerus Daihatsu Taruna ini memiliki mesin bertenaga 1500 cc yang membuatnya cukup bertenaga sebagai mobil bertipe Mini SUV. Kemudian untuk soal harga, mobil ini ditawarkan dengan harga termurah sekitar 180 Jutaan sampai 200 Jutaan tergantung dari tipe yang sobat beli. Nah untuk tipenya sendiri, Daihatsu menyediakan beberapa pilihan tipe, mulai dari Tipe termurah yaitu Terios X MT dan tipe termahal yakni Terios R AT Adventure. Untuk tipe lama juga disediakan tipe TS dan Tipe TX.

Setiap tipe mobil Daihatsu Terios menawarkan perbedaan tampilan interior dan ekterior, namun untuk segi mesin semuanya sama-sama memakai mesin berdaya gedor 1500 cc dan mamakai sistem pembakaran EFI (Electronic Fuel Injection) yang membuatnya sangat irit dan memiliki performa mesin lebih tangguh dibandingkan para kompetitornya yang bermain di kelas Mini SUV. Bagi sobat otomotif yang ingin menjajal ketangguhan mesin mobil ini, mari kita simak terlebih dahulu review yang membahas spesifikasi dan harga Daihatsu Terios berikut ini.

Desain Dan Dimensi

Daihatsu Terios yang dirilis ditahun ini membawa tampilan desain ekterior baru yang terlihat semakin stylis dan gagah. Seperti yang terlihat pada bagian depan, sudah ada bumper depan dengan skid plate, lalu ada desain headlamp dan lampu fog terbaru yang membuatnya semakin tampak menawan dan terlihat lebih agresif dibandingkan desain Toyota Terios sebelumnya. Sedangkan untuk bagian belakang spoiler dengan kamera parkir yang ditambah pelindung bumper pada bagian belakang serta tempat menyimpan ban cadangan yang tertempel pada sisi bagian belakang.

Dapur Pacu

Selanjutnya untuk masalah dapur pacu mesin, mobil ini menawarkan mesin bertipe 3SZ-VE DOHC VVT-i dengan sistem pendingin air atau radiator. Mesin tersebut pastinya sangat bertenaga, karena memiliki kapasitas siliner 1495 cc atau apabila kita bulatkan menjadi 1500 cc. Menariknya, teknologi VVT-i yang dimiliki Daihatsu Terios membuatnya memiliki performa maksimum namun tetap irit pemakaian bahan bakar, karena didalamnya juga disempurnakan oleh sistem pembakaran berteknologi EFI (Electronic Fuel Injection).

Untuk urusan performa mesin, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 109 ps pada putaran mesin 6000 rpm. Sedangkan untuk torsi yang dikeluarkan mampu mencapai 4400 rpm, sehingga membuatnya semakin mantap dipakai diberbagai kondisi jalanan, termasuk pada jalanan menanjak. Kemudian untuk kapasitas tangkinya mencapai 45 liter dan siap menampung bahan bakar tanpa timbal, atau bisa dikatakan lebih baik memakai BBM berjenis Pertamax agar mesin bisa berjalan lebih mulus dan pastinya membuatnya semakin irit.

Sedangkan untuk sistem transmisinya, Daihatsu membagi mobil ini dalam 2 pilihan transmisi yaitu automatic yang memiliki 4 percepatan, dan transmisi manual yang memiliki 5 percepatan. Selain itu, disediaka pula sistem kemudi dengan teknologi Rack & Finion yang dioptimalkan oleh fitur  Electric Power Steering agar sobat otomotif lebih nyaman bermanuver memakai Daihatsu Terios pada kondisi jalanan berliku ataupun saat harus menyalip mobil didepan dengan kondisi kecepatan tinggi.